Apa itu Firebase Cloud Messaging? Untuk provers yang sedang mengerjakan pengembangan atau sedang developing aplikasi, baik itu web, Android, iOS, juga Unity, jangan sampai tidak tahu apa itu Firebase Cloud Messaging. Pembahasan kali ini akan membuat provers dapat mengenal apa itu Firebase Cloud Messaging. Oke langsung saja kita simak.

firebase

Firebase Cloud Messaging merupakan sebuah layanan dari Firebase yang berguna untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pesan. Biasanya FCM digunakan untuk mengirim push notifikasi, artinya Firebase Cloud Messaging juga menyertakan notifikasi di setiap pengiriman dan penerimaan pesan yang membuat FCM menjadi lebih mudah. Firebase sendiri merupakan platform Google yang menyediakan service dalam pengembangan aplikasi web, Android, iOS juga Unity.

Firebase Cloud Messaging dulu dikenal sebagai Google Cloud Messaging. FCM adalah layanan gratis. Jadi provers tidak perlu khawatir untuk segera menggunakannya.

Kelebihan dari Firebase Cloud Messaging:

  • Koneksi yang bagus
  • Penghematan baterai
  • Realtime Database

Firebase Cloud Messaging bisa ditujukan pada:

  1. Single device
  2. Group
  3. Topics atau multi

Cara menggunakan Firebase Cloud Messaging:

  • Mendaftar instance aplikasi anda ke server Firebase Cloud Messaging
  • Kemudian menulis code di server, dimana kamu bisa mengirimkannya ke perangkat sesuai ID, Group atau bahkan Topics/topik yang memberitahu server FCM untuk mengirim pesan ke kamu.

Firebase menjadi layanan yang andal untuk mengirimkan ratusan milyar pesan dengan 95% pesan terkirim hanya dalam waktu 250m/s dengan koneksi dari berbagai platform berbeda.

Lewat pembahasan ini provers sudah jadi tahu dong apa itu Firebase Cloud Messaging. Itu dia untuk hari ini, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.