ITCC RESEARCH

Penelitian ini membahas mengenai prediksi tingkat kelulusan peserta uji sertifikasi microsoft office specialist versi 2013 (word dan excel) bertujuan untuk memberikan informasi terkait tingkat kelulusan peserta sertifikasi dan memberikan alternatif solusi untuk menentukan program sertifikasi yang tepat untuk dipilih sebelum melakukan uji sertifikasi. Naïve bayes digunakan untuk klasifikasi kelulusan sertifikasi dimana peserta dapat mengetahui mengenai keterangan lulus dan tidak lulus.

Naive Bayes merupakan pengklasifikasian dengan metode probabilitas dan statistik untuk memprediksi peluang di masa yang akan datang berdasarkan pengalaman dimasa sebelumnya. Pada penelitian ini, pengembangan sistem menggunakan metode CRISP-DM agar pengerjaan menjadi lebih terurut dan pengujian dilakukan dengan metode blackbox untuk menguji setiap fungsi yang ada pada aplikasi yang dibangun. Dari penelitian ini, menghasilkan nilai probabilitas sebesar 0.001042 dengan tingkat akurasi sebesar 99%. 

Hasil tersebut, membuktikan bahwa metode Naive Bayes dapat digunakan untuk membantu dalam prediksi tingkat kelulusan peserta sertifikasi (word dan excel), karena menghasilkan tingkat keakuratan yang cukup tinggi. sehingga peserta dapat menentukan program sertifikasi yang tepat dipilih sebelum melakukan uji sertifikasi.
Laboratorium Information Technology Certification Center (ITCC) STT PLN adalah laboratorium yang menangani beberapa program sertifikasi berskala internasional, diperlukan adanya keselarasaan pemanfaatan sistem informasi dan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan disaat ini dan yang akan datang, sehingga diperlukan kerangka acuan untuk membangun sebuah arsitektur enterprise. 

Dengan alsan inilah penulis melakukan penelitian penerapan metode Enterprise Architecture Planning (EAP) yang merupakan sebuah metode perencaan yang berorientasi pada kebutuhan bisnis yang terdiri dari arsitektur data, aplikasi dan teknologi serta rencana implementasi dari arsitektur yang telah dibuat untuk mendukung aktivitas bisnis demi pencapaian tujuan didirikannya laboratorium ITCC STT PLN

Strategi dan kebijakan dalam suatu organisasi yangprofit orientedjuga mempunyai misi sosial (public service) yang mengutamakan pada layanan konsumen. Perkembangan sistem informasi dan teknologi informasi akanberdampak pada persaingan yang semakin kompetitif, hal ini berlaku juga di dunia seretifikasi menuntut pihak pengelola untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi dalam membantu aktifitas bisnis, mencapai tujuan  organisasi dan layanan bagistake holder terutama yang berhubungan dengan data, informasi,  teknologi  dan  aplikasi,  ditemukan  beberapa  kasus  pengelolaan  sistem  informasi  mengalamikegagalan  dalam  mencapai  tujuan  (objective)  organisasi  karena  pemanfaatan  ini  tidak  sesuai  dengan  arah dan tujuan organisasi.

Metodevalue added chain, yaitu untuk  mendeskripsikan cara melihat bisnis sebagairantai  aktifitas  yang  mengubah  input  menjadi  output sedangkan Four  Stage Life Cycle Business System Planning (BSP)  adalah  tool  yang  digunakan  untuk  menentukan  turunan  dari  fungsibisnis  dan  kandidataplikasi yang terkait dengan produk/layanan yang diberikan oleh fungsi bisnis. ITCC (Information TechnologyCertification  Center)  STT  PLN  adalah  laboratorium  yang  menangani  beberapa program  sertifikasi  baik  ituberskala   internasional,diperlukan   adanya   keselarasaan   pemanfaatan  sistem   informasi   dan   teknologiinformasi yang sesuai dengan arah dan tujuan perguruan tingggi, sehingga diperlukan aplikasi dan teknologiserta  rencana  implementasi  dari  arsitektur  yang  telah  dibuat  untuk  mendukung  aktivitas  bisnis  demipencapaian misi organisasi

International International Technology Certification Center (ITCC) merupakan salah satu lembaga pelaksana sertifikasi pada civitas akademika STTPLN guna menunjang kegiatan sertifikasi dalam bidang TI. Dalam proses registrasi dan Penjadwalannya, masih memerlukan waktu lebih dari satu minggu. Karena masih menggunakan cara yang manual dalam penjadwalan kelompok sertifikasinya. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kelemahan tersebut maka dilakukan perancangan suatu aplikasi Registrasi dan penjadwalan berbasis web. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode Fisher Yates Shuffle dengan metode pengujiannya menggunakan Pengujian Black Box.