Apa Itu MySQL dan Secure Installation MySQL

Apakah provers tahu apa itu MySQL? MySQL adalah sistem manajemen database SQL open source yang sangat populer saat ini. MySQL dikembangkan, didistribusikan dan di dukung oleh perusahaan Oracle. Nah, sebelum provers mengenal apa itu MySQL lebih lanjut, sebelumnya provers harus memahami terlebih dahulu apa itu database.

APA ITU DATABASE

Sebuah database adalah koleksi berbagai data. Database bisa berisi apa saja dari daftar belanja, galeri foto, sampai informasi yang berjumlah besar dalam jaringan perusahaan. Untuk dapat menambah, mengakses, dan memproses data yang tersimpan dalam database komputer, provers membutuhkan sistem manajemen database seperti MySQL. Karena komputer sangat baik dalam menangani data dalam jumlah besar, sistem manajemen database memainkan peran utama dalam melakukan computing, sebagai utilitas mandiri, atau sebagai bagian dari suatu aplikasi.

MySQL Adalah Software Open Source

MySQL adalah sebuah perangkat lunak atau software open souce mengartikan bahwa MySQL membolehkan siapa saja untuk menggunakan dan memodifikasi MySQL. Provers dapat men-download software Mysql dari internet dan menggunakannya tanpa harus membayar sepeser pun. Aplikasi MySQL menggunakan GPL (GNU General Public License), untuk menjelaskan apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan kepada sebuah software dalam situasi yang berbeda.

Database MySQL

MySQL adalah sebuah database management system atau DBMS yang menggunakan bahasa pemograman SQL atau Structured Query Language yang cukup populer pada saat ini. MySQL termasuk dalam jenis database relasional atau RDBMS (Relational Database Management System). Hal ini mengartikan bahwa MySQL menyimpan dataset yang dimiliki menggunakan tabel dan akan melakukan proses pengambilan data menggunakan metode relasional database.

FUNGSI MySQL

MySQL memiliki fungsi yaitu untuk membuat dan mengelola database pad sisi server yang menggunakan bahasa SQL. Fungsi lain dari MySQL adalah untuk melakukan query dalam jumlah yang besar sehingga memudahkan provers untuk mengakses dataset tersebut dalam bentuk stringatau teks.

Kelebihan MySQL

Beberapa kelebihan dari MySQL antara lain adalah:

  • Sangat cepat, andal, dan mudah digunakan.
  • Server MySQL dapat bekerja di klien/server atau embeded system.
  • Kepopuleran MySQL memudahkan penggunanya untuk menemukan bantuan atau perangkat lunak yang dibutuhkan.

Mysql_secure_installation

mysql_secure_installation adalah script shell yang terdapat dalam sistem Unix dan memungkinkan provers dalam mengembangkan keamanan MariaDB yang dimiliki dengan beberapa cara seperti:

  • Provers dapat membuat password untuk akun root.
  • Provers dapat menghapus akun root yang dapat diakses dari luar local host.
  • Provers dapat menghapus akun pengguna anonim.
  • Provers dapat menghapus database test, yang secara default dapat diakses oleh user anonim.

Penginstallan mysql_secure_installation

  1. Untuk dapat menginstall script mysql_secure_installation, provers dapat menggunakan syntax berikut:

sudo mysql_secure_installation [option]

  1. Tuliskan password yang provers inginkan lalu tulis Y untuk memvalidasi password apakah password yang dituliskan sudah cukup kuat
  2. Selanjutnya, masukkan angka 0,1,2 berdasarkan kekuatan password yang dimiliki
  3. Setelah provers memilih kekuatan password yang dibutuhkan, masukkan kembali password yang sudah dibuat
  4. Program akan mengevaluasi kekuatan password yang provers miliki dan akan membutuhkan confirmasi dengan Y untuk melanjutkan
  5. Selanjutnya provers butuh menjawab beberapa pertanyaan mengenai keamanan seperti berikut:
    • Remove anonymous users?
    • Disallow root login remotely?
    • Remove test database and access to it?
    • Reload privilege tables now?

Untuk menjalankan script dalam pengaturan default, maka direkomendasikan untuk menjawab semua pertanyaan dengan jawaban Y.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *